Museum Zoologi Kebun Raya Bogor

Museum Zoologi Bogor

Halloo teman teman...sudah lama kita tidak bersua dalam tulisan. kali ini saya aka bercerita tentang pengalaman pergi mengunjungi sebuah musem lokasi berada di area Kebun Raya Bogor. Museum ini mengoleksi berbagai macam hewan yang diawetkan digolongkan berdasarkan jenis jenisnya seperti mamalia, primata, burung, ikan, reptil dan ikan, dan lain lain. Baik langsung saja ikut cerita serunya..
     Tanpa ada perencanaan yang matang, tiba tiba terbesit rasa untuk jalan jalan ke kebun raya bogor. kami berangkat agak siang dan kebetulan jalanan tidak bersahabat alias macet. setelah 2 jam lebih perjalanan, berhubung sudah waktunya makan siang, kami menuju ke sebuat tempat makan di daerah Bogor yang terkenal dengan menu utamanya "Pizza Kayu Bakar". setelah menikmati santap siang, kami melanjutkan perjalanan menuju kebun raya dan apa yang terjadi ???..
Jalanan menuju kebun raya macet dan kami berhenti cukup lama di sekitaran tugu kujang. Padahal dari tugu kujang, area kebun raya sudah terlihat jelas. Ingin rasanya parkir mobil disekitaran tugu lalu berjalan kaki memasuki kebun raya. Namun niat itu kami urungkan, karena untuk mengunjungi kebun raya bogor itu sangat luas. jika kita hanya berjalan kaki...sudah bisa dipastikan akan sangat capek, karena kami juga bawa serta bocah yang kalo jalan masih suka minta gendong...kebayang kan gimana pegelnya...
Kebun Raya Bogor

Setelah beberapa lama menunggu, jalanan sedikit ada pergerakan dan tibalah kami di pintu 2 kebun raya bogor. Agak sedikit kecewa...karena pintu 2 ditutup untuk mobil karena membludaknya jumlah pengunjung pada hari itu. Akhirnya kami mencoba meilipir menuju pintu lainnya. Sesampainya di pintu 3, kondisi yang sama juga terjadi, pintu ditutup untuk mobil. Hanya pejalan kaki yang diijinkan masuk..Sempat ingin memarkirkan kendaraan disekitaran pintu 3, namun ada tukang ojek yang membisiki kami jika terkadang sistem pintu kebun raya bogor adalah buka tutup tergantung jumlah pengunjung yang masuk dan keluar. Karena niat berkunjung yang tinggi, akhirnya kita putuskan berputar sekali lagi dan akhirnyaaa....mobil kami bisa masuk ke pintu 1 kebun raya bogor...dengan membayar tiket 15.000 rupiah per orang, dan kendaraan keliling roda 4 seharga 30.000 rupiah kami langsung menuju museum Zoologi bogor. Jalur menuju museum sangat mudah, jika masuk dari pintu satu langsung ambil belok kiri lurus menuju Laboratorium Treub. Untum kendaraan roda 4 bisa parkir di depan laboratoriun dan sepanjang jalan menuju museum. Disebelah laboratoriun ada jalan kebelakang menuju museum zoologi. Setelah parkir di sebelah laboratorium, kami langsung berjalan kaki menuju museum. Ciri khas museum ini adalah bangunan tua jaman Belanda yang berwarna putih dengan ornamen pilar dan pintu berwarna Biru. Langsung saja kami memasuki museum zoologi....

Untuk memasuki museum zoologi Bogor, pengunjung tidak dipungut biaya. Hanya dengan membayar tiket masuk kebun raya kita sudah bisa mengunjungi berbagai tempat di dalam area kebun raya. Memasuki kebun raya, dari lorong kita dapat melihat aneka poster yang berkaitan dengan binatang dan sejarah museum.
Lorong Masuk Museum Zoologi

Tiba saatnya kami berada di pintu masuk ruangan museum, disambut oleh tulang rangka rusa dan binatang mamalia lainnya. Menuju sebelah kiri kita akan memasuki ruangan yang berisikan koleksi aneka burung / aves. Disini kita dapat mengamati aneka burung-burung seluruh nusantara yang sudah diawetkan berada dalam lemari kaca. Puas berkeliling mengamati burung burung, kemi menuju ke ruang sebelahnya dimana terdapat koleksi mamalia dan primata. disini kita bisa melihat aneka macam binatang primata dan mamalia. ada pula dipamerkan tulang tengkorak primata dan kepala kepala hewan yang dipajang diatas tembok, Sedikit seram tapi berkesan...
Kerangka Mamalia

Kami lanjutkan perjalanan menuju ruangan tempat koleksi berbagai macam ikan dari seluruh nusantara, termasuk ikan air tawar dan air laut. Sebelum masuk ke ruangan ikan, terlebih dahulu kita akan melewati ruangan koleksi serangga. Ada banyak jenis kupu kiupu dan serangga lainnya yang dipamerkan disini. Sebelum menuju pinti keluar, kita akan melewati ruangan tempat dipamerkannya berbagai macam reptile seperti ular, biawak, buaya dan binatang reptil lainnya. Disini kita dapat melihat jenis jeni ular mulai dari ular yang tidak berbisa hinggal ular berbisa.
Koleksi Ular Berbisa Yang Diawetkan

Setelah kami mengamati reptile kami menuju pintu keluar museum. Disini kita akan melewati sebuah ruangan besar yang berisikan tulang kerangka "Ikan Paus Biru". Kerangka ini membentang sangat panjang dan tinggi. Kebayang kan seberapa besarnya paus biru ini...
Kerangka Paus Biru

Akhirnya usai sudah jalan jalan kami di Museum Zoologi Bogor. Kesan yang kami dapati adalah museum tertata rapi dan bersih, tidak ada kesan seram sama sekali. Sangat bagus untuk wisata edukasi anak.

Lokasi : Museum Zoologi Kebun Raya Bogor
Tiket    : 15.000 (masuk kebun raya bogor)
Mobil   : 30.000 (keliling)